Roundtable Discussion Rencana Aksi Nasional Global Compact for Safe, Orderly and Regular Migration

Regulasi

Roundtable Discussion Rencana Aksi Nasional Global Compact for Safe, Orderly and Regular Migration

Selasa, 06 Desember 2022 - 13:03:02 WIB | dibaca: 1006 pembaca

Menghadiri Kegiatan Roundtable Discussion Rencana Aksi Nasional Global Compact for Safe, Orderly and Regular Migration yang diselenggarakan oleh Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia.

Kementerian Luar Negeri bersama pemangku kepentingan terkait telah menyusun rancangan Rencana Aksi Nasional (RAN) untuk mendukung pelaksanaan Global Compact for Safe, Orderly and Regular Migration (GCM) di tingkat nasional.

GCM sendiri, yang disahkan pada 2018, adalah kesepakatan global yang memuat serangkaian panduan guna mewujudkan tata kelola migrasi yang aman dan teratur.

Bagi Indonesia, GCM menjadi salah satu instrumen internasional dalam memperkuat pelindungan bagi Pekerja Migran Indonesia.

Roundtable Discussion ini dirancang untuk mencapai tujuan-tujuan berikut ini:
  1. Mengumpulkan pemangku kepentingan yang berkaitan dengan isu migrasi di Indonesia, seperti organisasi masyarakat sipil/LSM, organisasi berbasis migrasi, lembaga perempuan, lembaga internasional, mitra pembangunan, dan pemangku kepentingan lainnya, untuk kerja sama lebih lanjut.
  2. Memfasilitasi dialog serta berbagi informasi terkait Rencana Aksi Nasional KGM, dengan melibatkan organisasi masyarakat sipil/LSM.
  3. Memberdayakan dan memperkuat peran seluruh lapisan masyarakat dalam proses pembentukan jejaring pemangku kepentingan terkait migrasi di Indonesia.
  4. Mengidentifikasi kemungkinan intervensi untuk mendukung pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Implementasi Kesepakatan Global mengenai Migrasi Aman, Tertib, dan Teratur.
  5. Sebagai sarana koordinasi dan berbagi informasi/pengalaman antara aktor nasional, termasuk pemerintah, organisasi masyarakat sipil, akademisi dan mitra pembangunan.

Output yang diharapkan dari penyelenggaraan Roundtable Discussion ini yaitu :
  1. Terbentuknya jejaring pemangku kepentingan terkait migrasi di Indonesia serta mampu menggali potensi sinergi dalam implementasi Rencana Aksi Nasional Kesepakatan Global mengenai Migrasi Aman, Tertib, dan Teratur.
  2. Lembaga Masyarakat Sipil (LSM) dapat berbagi pengalaman serta best practice dalam kegiatan ini.
  3. Mendapatkan masukan dari Lembaga Masyarakat Sipil (LSM) terhadap implementasi RAN KGM;
  4. Teridentifikasinya intervensi untuk mendukung pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Implementasi Kesepakatan Global mengenai Migrasi yang Aman, Tertib, dan Teratur.

#proudtobeseafarer #seafarer #pelautindonesia #pelautmilenial #kesatuanpelautindonesia #kpiunion

Video Terkait:







Informasi
Ikuti Kami
Kantor Cabang KPI