Training of Trainers (ToT) - Mental Health and Stress Management

Nasional

Training of Trainers (ToT) - Mental Health and Stress Management

Kamis, 07 Maret 2024 - 11:29:18 WIB | dibaca: 456 pembaca

Capt. Yordan EP. Sihombing, SH, MAp., Ketua KPI Cab. Surabaya, mewakili KPI dalam Training of Trainers (ToT) - Mental Health and Stress Management, di Universitas Hang Tuah (UHT), Surabaya pada 28 Februari 2024

Acara ini dibuka oleh Rektor UHT, Prof. Dr. Ir. Supartono, M.M., CIQaR, dan diikuti oleh 18 peserta dari dekan dan dosen UHT, serta 4 peserta dari KPI Surabaya dan Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut (PPSDMPL) Jakarta.

ToT ini menjadi yang pertama di Indonesia dan melibatkan dua narasumber dari International Transport Workers Federation (ITF) berbasis di London.

Dalam sambutannya, Rektor menyoroti pentingnya perhatian terhadap kesehatan mental pelaut. Sebagai individu yang menjalani kehidupan di tengah lautan yang luas, para pelaut menghadapi tantangan dan tekanan unik dalam menjalankan tugas mereka.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memberikan perhatian dan dukungan terhadap kesehatan mental mereka.
Dengan kemajuan teknologi dan globalisasi, pelaut sering kali terpisah dari keluarga dan teman-teman mereka untuk waktu yang lama.

Mereka harus menghadapi kesendirian, kelelahan, dan tekanan yang tinggi dalam menjaga keselamatan kapal dan muatan. Semua ini dapat berdampak negatif pada kesehatan mental mereka.

Kesehatan mental pelaut adalah hal yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Kesehatan mental yang baik akan memengaruhi kinerja dan keselamatan mereka di laut.

Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman akan pentingnya kesehatan mental di kalangan pelaut.

Kegiatan kesehatan mental pelaut dapat meliputi penyediaan layanan konseling dan dukungan psikologis, pelatihan untuk mengelola stres dan tekanan, serta sosialisasi yang membantu mereka menjaga keseimbangan emosional dan mental.

Selain itu, penting juga untuk memberikan informasi dan edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan mental, mengenali tanda-tanda gangguan mental, dan mencari bantuan profesional jika diperlukan.

Rektor mengajak semua untuk bersama-sama mendukung dan mendorong pelaksanaan kegiatan kesehatan mental pelaut. Mari kita berperan aktif dalam memberikan perhatian dan dukungan kepada mereka yang menjalani kehidupan di laut, sehingga menciptakan lingkungan kerja yang sehat, aman, dan mendukung bagi para pelaut.

Acara ini juga menyaksikan penandatanganan kerjasama antara UHT dan ITWF. Dari pihak UHT, penandatanganan tersebut diwakili oleh Dekan Fakultas Vokasi dan Pelayaran (FVP) UHT, Djamaludin Malik, S.E., M.A.P., ANT-II, dan dari pihak ITF, Dr. Syed Asif Altaf Chowdhury, MD., MPD., disaksikan oleh Rektor UHT.

ToT ini melibatkan dua narasumber, yaitu Dr. Syed Asif Altaf Chowdhury, MD., MPD., yang membahas tentang pengelolaan tekanan internal dan eksternal, serta Rasini Ayanthi Bandara, BSc., MSc., yang berbicara tentang kesehatan mental dan cara mengatasi masalah tersebut.

Sebagai ketua panitia pelaksana, Dekan berharap agar mahasiswa FVP UHT dapat memahami pentingnya kesehatan mental dan memiliki kemampuan untuk mengelola diri sendiri.

Acara ini turut dihadiri oleh Wakil I-III dan perwakilan dari KPI Surabaya, PPSDMPL Jakarta serta perwakilan dari PIP Semarang, yang menambah kesuksesan kegiatan Training of Trainer ini. Sebagai bagian dari acara seremonial, pemberian cindera mata juga dilakukan oleh rektor kepada narasumber dari ITF.
 






Informasi
Ikuti Kami
Kantor Cabang KPI